You are here
Home > INFORMASI > BERITA > EKSPOSE APLIKASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN MONITORING, DAN EVALUASI (SIM-MONEV) PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH

EKSPOSE APLIKASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN MONITORING, DAN EVALUASI (SIM-MONEV) PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH

Rabu, 7 September 2022

Diskusi terkait Rancangan Aplikasi SIM-Monev

          Pada hari Rabu tanggal 7 September 2022 telah dilaksanakan Ekspose Sistem Informasi Manajemen Monitoring dan Evaluasi (SIM-Monev) bertempat di Ruang Rapat Lantai I Bappeda Kota Banjarbaru. Rapat dipimpin oleh Kepala Bappeda Kota Banjarbaru dan dihadiri oleh Sekretaris Bappeda, Kepala Bidang dan Staf Bidang Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi serta programmer dari Dinas Komunikasi dan Informatika.

Tampilan Dashboard Aplikasi SIM-Monev

         Aplikasi SIM-Monev merupakan aplikasi berbasis web yang meyajikan data pengendalian dan evaluasi rencana pembangunan secara realtime dan dapat diakses secara online. Beberapa peraturan yang mendasari pembuatan aplikasi ini antara lain   Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Perda tentang RPJPD dan RPJMD, serta Tata Cara Perubahan RPJPD, RPJMD, dan RKPD, Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), Peraturan Presiden Nomor 7 Tahun 2022 tentang Petunjuk Teknis Dana Alokasi khusus Fisik Tahun Anggaran 2022.

          Dengan adanya aplikasi SIM-Monev diharapkan dapat mempermudah SKPD dalam pembuatan laporan pengendalian dan evaluasi pembangunan. Selain itu, tujuan pembuatan aplikasi ini antara lain mengetahui kinerja SKPD baik secara keuangan maupun pencapaian output dan outcome kegiatan, mengetahui kinerja Pemerintah Kota Banjarbaru dalam capaian penyelenggaraan urusan pemerintahan dan menjadi kewenangan pemerintah daerah (urusan wajib, urusan pilihan dan urusan penunjang) serta pengintegrasian berbagai laporan dan evaluasi penyelenggaraan Pemerintah Daerah.

            Selain menampilkan summary report capaian realisasi keuangan dan kinerja SKPD, aplikasi ini juga menyajikan menu printout laporan pengendalian dan evaluasi              per triwulan terhadap pelaksanaan Renja (Rencana Kerja) Perangkat Daerah dan laporan kemajuan pelaksanaan kegiatan Dana Alokasi Khusus (DAK). Dengan adanya aplikasi ini maka dilakukan perapotan terhadap kinerja SKPD agar dapat diketahui kendala-kendala yang dihadapi SKPD, untuk kemudian dirumuskan berbagai alternatif kebijakan sehingga kegiatan dapat kembali berjalan optimal. (Tim Penyusun/Rina Setyati-2022).

Leave a Reply

Top