You are here
Home > INFORMASI > BERITA > <strong>RAPAT KOORDINASI FORUM KOTA SEHAT KOTA BANJARBARU</strong>

RAPAT KOORDINASI FORUM KOTA SEHAT KOTA BANJARBARU

Selasa, 23 Agustus 2022

Rapat Koordinasi Forum Kota Sehat Kota Banjarbaru

        Bappeda Kota Banjarbaru pada hari Selasa tanggal 23 Agustus 2022 bertempat di Ruang Rapat   Lantai 1 melaksanakan Rapat Koordinasi Forum Kota Sehat (FORKOHAT) Kota Banjarbaru. Rapat tersebut dilaksanakan untuk merumuskan strategi pencapaian Kabupaten/Kota Sehat Tahun 2023 dan mendiskusikan berbagai hal terkait FORKOHAT Kota Banjarbaru.  Rapat tersebut dimulai pukul 14.00 WITA dan dihadiri oleh Ketua FORKOHAT Kota Banjarbaru beserta anggota, Tim Pembina FORKOHAT yang diwakili oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Kepala Bidang Ekonomi Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Bappeda Kota Banjarbaru beserta para fungsional perencana.

         Forum Kota Sehat (FORKOHAT) Kota Banjarbaru adalah organisasi yang menyelenggarakan  program Kota Sehat pada tingkat Kota Banjarbaru. Penyelenggaraan Kota Sehat bertujuan untuk tercapainya kondisi Kota Sehat Banjarbaru yang tertib, indah, bersih, dan aman untuk dihuni penduduk dan sebagai tempat kerja dengan cara terlaksananya berbagai program kesehatan dan sektor lain sehingga meningkatkan sarana dan produktifitas perekonomian masyarakat melalui beberapa tatanan kegiatan yang terintegrasi dan disepakati masyarakat bersama Pemerintah Daerah. Penyelenggaraan Kota Sehat dilakukan melalui berbagai kegiatan dengan memberdayakan masyarakat yang difasilitasi oleh Pemerintah Daerah untuk mewujudkan 7 (tujuh) tatanan Kota Sehat. Kabupaten/Kota Sehat (KKS) adalah suatu kondisi kabupaten/kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk, yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dengan kegiatan yang terintegrasi yang disepakati masyarakat dan pemerintah daerah.

     Penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat (KKS) dilakukan melalui berbagai kegiatan dengan memberdayakan masyarakat yang difasilitasi oleh Pemerintah Kabupaten/Kota untuk mewujudkan Kabupaten/Kota Sehat (KKS). Penilaian Penyelenggaraan KKS, dilakukan oleh Tim Penilai Pusat yang anggotanya terdiri dari unsur Kementerian Kesehatan, Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian terkait. Kabupaten/Kota yang dinyatakan sebagai Kabupaten/Kota Sehat (KKS) akan diberikan penghargaan Swastisaba. Penghargaan Kabupaten/Kota (KKS) dilaksanakan setiap 2 (dua) tahun sekali. Dalam penyelenggaraan penghargaan Kabupaten/Kota Sehat (KKS) Tahun 2023, ada 9 tatanan yang harus diwujudkan, yaitu: (1) kawasan permukiman, sarana dan prasarana  umum, (2) kawasan sarana lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi, (3) kawasan pertambangan sehat, (4) kawasan hutan sehat, (5) kawasan industri dan perkantoran sehat, (6) kawasan pariwisata sehat, (7) ketahanan pangan dan gizi, (8) kehidupan masyarakat sehat yang mandiri, dan (9) kehidupan sosial yang sehat.

           Kota Banjarbaru siap mengikuti penyelenggaraan penghargaan Kabupaten/Kota Sehat Tahun 2023. Dengan 7 (tujuh) tatanan sehat atau kategori Swasti Saba Wisata, Kota Banjarbaru telah mencapai kondisi Bebas Buang Air Besar Sembarangan (BABS) atau Open Defecation Free (ODF) 100% pada tahun 2021. Pencapaian tersebut merupakan syarat utama untuk mengikuti penilaian Kabupaten/Kota Sehat untuk kategori Swasti Saba Wistara yang merupakan kategori tertinggi dalam penghargaan Kabupaten/Kota Sehat. (Tim Penyusun/Agustus -2022)

Leave a Reply

Top