You are here
Home > INFORMASI > BERITA > ASISTENSI RENJA SKPD TAHUN 2023

ASISTENSI RENJA SKPD TAHUN 2023

Pada hari Rabu 18 Mei 2022  sampai dengan Jumat 10 juni 2022 telah dilaksanakan Asistensi Renja SKPD Tahun 2023 bertempat di ruang rapat,  ruang pertemuan aula lantai I  dan aula lantai III Bappeda Kota Banjarbaru. Kegiatan asistensi dilaksanakan terhadap 32 SKPD di lingkup Pemerintah Kota Banjarbaru. Kegiatan Asistensi Renja SKPD Tahun 2023 dilaksanakan dengan mekanisme desk yang dibagi dalam 3 (tiga) tim, yaitu Tim I, Tim II dan Tim III. Untuk Tim I dipimpin oleh Staf Ahli, Asisten I, dan Inspektur Kota Banjarbaru. Tim II dipimpin oleh Staf Ahli, Asisten II dan Kepala Bappeda Kota Banjarbaru. Tim III dipimpin oleh Staf Ahli, Asisten III dan Kepala BPKAD Kota Banjarbaru.

Beberapa dasar hukum yang  mendasari kegiatan asistensi ini yaitu Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah; Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 Tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah tentang RPJPD dan RPJMD serta Tata Cara Perubahan RPJPD, RPJMD dan RKPD; Permendagri Nomor 90 Tahun 2019 Tentang Klasifikasi, Kodefikasi, dan Nomenklatur Perencanaan Pembangunan dan Keuangan Daerah serta Permendagri Nomor 70 Tahun 2019 Tentang Sistem Informasi Pemerintahan Daerah.

Tujuan pelaksanaan kegiatan Asistensi Renja SKPD Tahun 2023 adalah meminimalisir kendala-kendala yang timbul di kegiatan perencanaan dan penganggaran pembangunan. Sedangkan beberapa agenda dari pelaksanaan asistensi tersebut yaitu memastikan Program dan Kegiatan SKPD selaras dengan dokumen RPJMD (Pencapaian Visi, Misi dan Tujuan) dan Program Prioritas KDH, memastikan Renja SKPD telah memuat hasil musrenbang dan pokok-pokok pikiran DPRD, memastikan SKPD telah menganggarkan belanja rutin, memastikan tidak terjadi tumpeng tindih kewenangan antar SKPD, memastikan Program dan Kegiatan SKPD untuk mencapai target SPM, memastikan efesiensi belanja SKPD.

Dengan adanya Rapat Persiapan Asistensi Renja SKPD Tahun 2023, maka diharapkan seluruh tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengendalian hingga pengendalian pembangunan daerah dapat berjalan dengan optimal. (Tim Penyusun/Rina Setyati-2022).

Leave a Reply

Top