You are here
Home > INFORMASI > BERITA > RAPAT KOORDINASI PENGENDALIAN DAN EVALUASI HASIL RENCANA PEMBANGUNAN TRIWULAN I TAHUN 2022

RAPAT KOORDINASI PENGENDALIAN DAN EVALUASI HASIL RENCANA PEMBANGUNAN TRIWULAN I TAHUN 2022

        Pada hari Kamis tanggal 14 April 2022 telah dilaksanakan Rapat Koordinasi Pengendalian dan Evaluasi Hasil Rencana Pembangunan Triwulan I Tahun 2022 bertempat di ruang rapat Aula Lantai 3 Bappeda Kota Banjarbaru. Rapat ini dipimpin oleh Kepala Bappeda didampingi Kepala BPKAD yang dihadiri oleh para Staf Ahli, Asisten serta SKPD lingkup Pemerintah Kota Banjarbaru. Rapat koordinasi ini dilaksanakan dengan beberapa agenda yaitu sinkronisai Laporan Evaluasi Triwulan I Renja Kerja (Renja) SKPD, Dana Alokasi Khusus (DAK), Tim Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran (TEPRA), evaluasi Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) serta evaluasi pelaksanaan program prioritas. Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah serta Tata Cara Perubahan Rencana Pembangunan diatur beberapa ketentuan pengendalian dan evaluasi yang dilaksanakan kabupaten/kota.

     Pada kegiatan rapat Rapat Koordinasi Pengendalian dan Evaluasi Hasil Rencana Pembangunan Triwulan I Tahun 2022 dipaparkan beberapa hal mengenai hasil evaluasi Triwulan I pelaksanaan rencana pembangunan lingkup Pemerintah Kota Banjarbaru oleh Kepala Bappeda Kota Banjarbaru. Dengan target belanja daerah Rp. 1.075.398.445.776 pada tahun 2022, telah terealisasi sebesar Rp. 117.909.872.840   atau tercapai sebesar 10,96%.  Alokasi  Dana  Alokasi  Khusus (DAK)  pada  tahun 2022  adalah  sebesar     Rp. 130.864.045.678 yang terdiri dari DAK Fisik Reguler sebesar Rp. 19.306.744.728, DAK Fisik Penugasan sebesar Rp. 3.775.875.000, dan DAK Non Fisik sebesar Rp. 107.781.425.950. Selain itu, dilaksanakan evaluasi Tim Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Penganggaran (TEPRA) dalam rangka mewujudkan pengelolaan data realisasi anggaran yang akurat dan terintegrasi. Berdasarkan data 31 Maret 2022, target belanja daerah Triwulan I sebesar 22,46 persen dan terealisasi sebesar 5,66 persen.

         Dari Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) hasil evaluasinya disampaikan ke Pemerintah Provinsi untuk dilakukan pengendalian dan evaluasi terhadap prioritas daerah yang ditetapkan. Prioritas pembangunan daerah Kota Banjarbaru pada tahun 2022, antara lain meningkatkan kualitas sumber daya manuasia yang berdaya saing,  meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan kesejahteraan masyarakat,  memperkuat pembangunan infrastruktur daerah dengan memperhatikan kelestarian lingkungan hidup dan kebencanaan, serta meningkatkan akuntabilitas kinerja pemerintah dan kualitas pelayanan publik melalui pemantapan pelaksanaan reformasi birokrasi.

      Evaluasi pelaksanaan program prioritas tahun 2022 dilakukan untuk memastikan apakah program prioritas terlaksana sesuai rencana. Ada beberapa program prioritas Kota Banjarbaru tahun 2022 yaitu pelayanan berbasis teknologi, home care, bea siswa pendidikan tinggi, RT mandiri, urban farming, serta peningkatan kesejahteraan.

       Dengan adanya Rapat Koordinasi Pengendalian dan Evaluasi Hasil Rencana Pembangunan Triwulan I diharapkan pelaksanaan perencanaan pembangunan di Kota Banjarbaru dapat berjalan secara optimal, mencapai tujuan pembangunan dengan baik, terukur dan memberikan kemanfaatan yang besar bagi perkembangan kota dan kesejahteraan masyarakatnya

 

(Tim Penyusun/Rina Setyati-April 2022).

Leave a Reply

Top