You are here
Home > INFORMASI > BERITA > RAPAT PENYUSUNAN RANCANGAN APLIKASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN MONITORING DAN EVALUASI

RAPAT PENYUSUNAN RANCANGAN APLIKASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN MONITORING DAN EVALUASI

        Pada hari Kamis tanggal 24 Maret 2022 telah dilaksanakan Rapat Penyusunan Rancangan Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Monitoring dan Evaluasi (SIM-Monev) yang bertempat di Ruang Rapat Lantai I Bappeda Kota Banjarbaru. Rapat Penyusunan Rancangan Aplikasi SIM-Monev dibuka oleh Sekretaris dan dipimpin oleh Kabid Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Bappeda Banjarbaru. Rapat ini dihadiri oleh perwakilan dari BPKAD, Dinas Kominfo, Bagian Organisasi Setdako, Bagian Tata Pemerintahan Setdako, Bagian Ekonomi Pemerintahan Setdako, dan Perwakilan LPSE Kota Banjarbaru.

       Rapat ini diselenggarakan dalam rangka koordinasi awal terhadap penyusunan rancangan Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Monitoring dan Evaluasi (SIM-Monev) oleh Bappeda Kota Banjarbaru. Dalam pembukaan rapat ini, Sekretaris Bappeda Ir. Syawaluddin Noor menyampaikan bahwa dengan adanya aplikasi SIM-Monev dapat mengintegrasikan berbagai pelaporan monitoring dan evaluasi serta dapat menjadi salah satu inovasi Pemerintah Kota Banjarbaru. Kedepannya aplikasi ini juga dapat terus dikembangkan, termanfaatkan dengan baik dan menjadi rintisan inovasi skala kota dan nasional.

     Pada rapat ini Kabid Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Bappeda Maulana, SE, MM menyampaikan penyusunan Rancangan Aplikasi SIM-Monev menjadi urgensi karena pada Aplikasi Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) fitur untuk Pengendalian dan evaluasi Perencanaan Pembangunan belum bisa digunakan sementara kegiatan pengendalian dan evaluasi perencanaan pembangunan setiap tahunnya terus berjalan dan item evaluasi semakin spesifik dalam segi pelaporan kegiatan. Hal tersebut menuntut Bappeda Kota Banjarbaru sebagai leading sektor perencanaaan pengendalian dan evaluasi tingkat kota Banjarbaru harus semakin cepat tepat dalam pelaksanaan penyusunan pelaporan evaluasi kegiatan perencanaan pembangunan daerah untuk itulah dibangun sistem untuk mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi Bappeda Kota Banjarbaru.

       Aplikasi Sistem Informasi Manajeman Monitoring dan Evaluasi (SIM-MONEV) merupakan aplikasi berbasis web yang meyajikan data monitoring dan evaluasi pembangunan baik berupa data numerik dan visual (foto), mudah di update dan dapat diakses secara online. Aplikasi SIM-Monev bertujuan untuk mengetahui kinerja SKPD baik secara keuangan maupun pencapaian output dan outcome kegiatan, untuk mengetahui kinerja Pemerintah Kota Banjarbaru dalam capaian penyelenggaran urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan pemerintah daerah (urusan wajib, urusan pilihan, dan urusan penunjang), serta pengintegrasian berbagai laporan dan evaluasi penyelenggaraan Pemerintah Daerah.

(Tim Penyusun /Rina Setyati-Maret 2022)

Leave a Reply

Top