You are here
Home > INFORMASI > BERITA > RAPAT KOORDINASI PERENCANAAN, PENGANGGARAN DAN EVALUASI LINGKUP PEMERINTAH KOTA BANJARBARU

RAPAT KOORDINASI PERENCANAAN, PENGANGGARAN DAN EVALUASI LINGKUP PEMERINTAH KOTA BANJARBARU

Pada hari Rabu tanggal 23 Maret 2022 telah dilaksanakan Rapat Koordinasi Perencanaan, Penganggaran dan Evaluasi Pemerintah Kota Banjarbaru bertempat di ruang rapat Aula Lantai 3 Bappeda Kota Banjarbaru. Rapat ini dipimpin oleh Kepala Bappeda didampingi Kepala BPKAD dan Inspektur Kota Banjarbaru.

Rapat ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari arahan Wali Kota Banjarbaru H.M. Aditya Mufti Arifin, SH, MH agar perencanaan dan penganggaran kegiatan pembangunan di Kota Banjarbaru dapat berjalan sesuai ketentuan yang ada serta medukung pencapaian visi, misi dan program prioritas Kota Banjarbaru. Diharapkan agar pengintegrasian perencanaan dan keuangan dilakukan secara benar dan optimal serta dapat dipertanggungjawabkan secara baik.

Pada rapat ini, Kepala Bappeda Kanafi, S.IP, MM menyampaikan tujuan pembangunan daerah adalah mewujudkan pembangunan daerah dalam rangka peningkatan dan pemerataan pendapatan masyarakat, kesempatan kerja, lapangan berusaha, serta meningkatkan akses dan kualitas pelayanan publik. Sedangkan terdapat 3 (tiga) komponen utama yang saling berkaitan yaitu perencanaan pembangunan, penganggaran dan akuntabilitas kinerja yang menentukan keberhasilan dan kualitas pembangunan suatu daerah. Dalam perumusan dokumen perencanaan daerah terdapat beberapa prinsip yaitu merupakan satu kesatuan dalam sistem perencanaan pembangunan nasional, dilakukan Pemda bersama para pemangku kepentingan berdasarkan peran dan kewenangan masing-masing, mengintegrasikan rencana tata ruang dengan rencana pembangunan daerah serta dilaksanakan berdasarkan kondisi dan potensi yang dimiliki masing-masing daerah sesuai dengan dinamika perkembangan daerah dan nasional. Dari segi perencanaan yang dilaksanakan oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) maka peran Sekretaris dan Kasubbag Perencanaan dan atau Kasubbag Perencanaan Keuangan di masing-masing SKPD sangat penting dalam menghimpun dan mengintegrasikan perencanaan program dan kegiatan di masing-masing SKPD.

Kepala BPKAD Kota Banjarbaru Jainudin, S. Sos, M.AP menyampaikan bahwa Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) adalah pengelolaan informasi pembangunan daerah, informasi keuangan daerah  dan informasi Pemerintah Daerah lainnya yang saling terhubung untuk dimanfaatkan dalam penyelenggaraan pembangunan daerah. Dalam penggunaan sistem keuangan dengan aplikasi SIPD diperlukan kecermatan karena di aplikasi ini tidak mengenal fungsi undo yaitu menu yang berisi perintah untuk membatalkan suatu perintah yang telah dilakukan. Sedangkan Inspektur Kota Banjarabru Drs. Rahmat Taufik M. Si menyampaikan bahwa setiap perencanaan dan penganggaran yang dilaksanakan harus akuntabel dan dapat dipertanggungjawabkan serta terukur dengan baik kinerjanya.

Dengan adanya Rapat Koordinasi Perencanaan, Penganggaran dan Evaluasi Lingkup Pemerintah Kota Banjarbaru ini diharapkan perencanaan dan penganggaran di Kota Banjarbaru dapat berjalan secara optimal, mencapai tujuan pembangunan dengan baik, terukur dan memberikan kemanfaatan yang besar bagi perkembangan kota dan kesejahteraan masyarakatnya (Tim Penyusun/Rina Setyati-Maret 2022).

Leave a Reply

Top