You are here
Home > Uncategorized > EKSPOSE LAPORAN KETERANGAN PERTANGGUNGJAWABAN WALI KOTA BANJARBARU TAHUN 2021

EKSPOSE LAPORAN KETERANGAN PERTANGGUNGJAWABAN WALI KOTA BANJARBARU TAHUN 2021

Rabu, 16 Maret 2022

Pada hari Rabu tanggal 16 Maret 2022 pukul 09.30 WITA telah dilaksanakan ekspose Tim Penyusun Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Wali Kota Banjarbaru Tahun 2021 kepada Wali Kota Banjarbaru yang bertempat di Ruang Utama Wali Kota Banjarbaru. Ekspose LKPJ Wali Kota Banjarbaru Tahun 2021 tersebut dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru dan diikuti oleh Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda), Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD), Inspektur dan Sekretariat Tim Penyusun LKPJ Kota Banjarbaru.

Sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2019 tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah, maka Kepala Daerah menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) kepada DPRD paling lambat 3 (tiga) bulan setelah tahun anggaran berakhir. Penyusunan LKPJ ini bertujuan untuk mengetahui progress atau perkembangan Kepala Daerah (keberhasilan atau kegagalan) dalam menjalankan tugasnya selama 1 tahun anggaran.

Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) antara lain memuat pendahuluan atau kondisi umum Kota Banjarbaru, perubahan penjabaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), hasil penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah, capaian pelaksanaan tugas pembantuan dan penugasan serta penutup.

Dari ekspose LKPJ ini dapat disampaikan capaian hasil penyelenggaraan urusan pemerintahan yang meliputi urusan wajib pelayanan dasar sebesar 97,77 %, urusan wajib bukan pelayanan dasar sebesar 96,57 %, urusan pilihan sebesar 99,56 %, dan urusan penunjang sebesar 97,31 %. Selain itu disampaikan 4 (empat) kebijakan strategis daerah Kota Banjarbaru pada tahun 2021 berupa penanganan Covid-19, penanganan bencana, penanganan stunting dan peningkatan pelayanan publik dengan dibangunnya Mall Pelayanan Publik Kota Banjarbaru.

Pada tahun 2021 Pemerintah Kota Banjarbaru juga mendapat berbagai penghargaan di tingkat nasional antara lain Best Figure Excellence 2021 Kategori Kepala Daerah dari Seven Media, Top Leader on Implementation untuk Wali Kota Banjarbaru, Penghargaan Perencanaan Pembangunan Daerah (PPD) 10 Kota Terbaik Tingkat Nasional oleh Bappenas, Penghargaan Kepatuhan Standar Pelayanan Publik oleh Ombudsman RI dan beberapa penghargaan lainnya.

Pada ekpose ini Wali Kota Banjarbaru menyampaikan agar beberapa program dan kegiatan yang belum tercapai maksimal dapat lebih dirincikan alasan atau kendala yang dihadapi. Selain itu juga perlu dipaparkan lebih lengkap mengenai kondisi pertumbuhan ekonomi di Kota Banjarbaru. Penyebab-penyebab atau sektor-sektor ekonomi mana yang masih perlu dukungan akibat Pandemi Covid-19. Diharapkan dengan penyusunan LKPJ dapat mengukur kinerja Pemerintah Daerah serta menghadapi tantangan-tantangan yang akan terjadi di masa depan.

(Tim Penyusun /Rina Setyati-Maret 2022)

Leave a Reply

Top