You are here
Home > INFORMASI > BERITA > RAPAT EKSPOSE DRAFT LAPORAN KETERANGAN PERTANGGUNGJAWABAN WALIKOTA BANJARBARU TAHUN 2021

RAPAT EKSPOSE DRAFT LAPORAN KETERANGAN PERTANGGUNGJAWABAN WALIKOTA BANJARBARU TAHUN 2021

                 

                  Pada hari Senin tanggal 21 Februari 2022 pukul 09.00 WITA bertempat di ruang rapat lantai I Bappeda Kota Banjarbaru telah dilaksanakan rapat dengan agenda ekpose draft Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Wali Kota Banjarbaru oleh Tim Penyusun LKPJ Kota Banjarbaru. Rapat tersebut dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru dan dibuka oleh Kepala Bappeda Kota Banjarbaru. Rapat tersebut dihadiri oleh Kepala BPS, Kepala BPKAD, Kepala BPPRD, perwakilan Inspektorat, perwakilan Bagian Pemerintahan, perwakilan Bagian Organisasi dan pejabat di lingkup Bappeda Kota Banjarbaru.

            Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) merupakan laporan yang disampaikan oleh Pemerintah Daerah kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) yang memuat hasil penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menyangkut pertanggungjawaban kinerja yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah selama 1 (satu) tahun anggaran, dimana penyusunan LKPJ ini bertujuan untuk mengetahui progress atau perkembangan Kepala Daerah (keberhasilan atau kegagalan) dalam menjalankan tugasnya selama 1 tahun anggaran. Dasar penyusunan dari LKPJ ini yaitu Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2019 tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 18 Tahun 2020 tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2019.

          Draft laporan LKPJ yang disampaikan oleh Tim Penyusun meliputi dari 5 (lima) bab yaitu Pendahuluan, Perubahan Penjabaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah, Hasil Penyelenggaraan Urusan Pemerintah yang Menjadi Kewenangan Daerah, Capaian Pelaksanaan Tugas Pembantuan dan Penugasan serta bab terakhir yaitu Penutup.

               Beberapa data yang dipaparkan pada ekpose draft LKPJ tersebut antara pertumbuhan ekonomi pada tahun 2021 diperkirakan tumbuh positif pada kisaran 3,5 persen, target dan realisasi belanja daerah 2021, pendapatan daerah ditargetkan sebesar 1.047 Triliyun dan terealisasi sebesar 1.097 Triliyun sedangkan belanja daerah ditargetkan sebesar 1.227 triliyun dan terealisasi sebesar 1.119 Triliyun atau tercapai sebesar 91,20%.

            Sedangkan pada tahun 2021 Pemerintah Kota Banjarbaru menerapkan berbagai kebijakan strategis dalam menangani masalah perkotaan. Kebijakan strategis merupakan identifikasi dari permasalahan dan isu strategis yang kemudian dilakukan intervensi dengan kebijakan, program maupun kegiatan. Kebijakan strategis Kota Banjarbaru tahun 2021 selain masih berorientasi pada penanganan pandemi Covid-19, juga pada beberapa masalah seperti penanganan bencana, penanganan stunting serta upaya peningkatan pelayanan kemudahan perizinan di Kota Banjarbaru.

(Tim Penyusun /Rina Setyati-2022)

Leave a Reply

Top