You are here
Home > Uncategorized > Diseminasi Hasil Penelitian Pasar Modern Vs. Pasar Tradisional

Diseminasi Hasil Penelitian Pasar Modern Vs. Pasar Tradisional

Sub Bidang Litbang Pembangunan Inovasi, dan Teknologi pada Bidang Litbang melaksanakan kegiatan Diseminasi Hasil Penelitian tentang Kajian Pengaruh Perkembangan Pasar Modern Terhadap Keberadaan Pasar Tradisional Di Kalimantan Selatan.

Suasana diseminasi hasil-hasil penelitian keberadaan pasar modern vs pasar tradisional
Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 20 Mei 2021 di Aula Lantai 3 Kantor Bappeda Kota Banjarbaru dan dibuka oleh Kepala Bappeda Kota Banjarbaru.

Dihadiri oleh Sekretaris Bappeda Kota Banjarbaru, Peneliti, dan undangan lainnya, kegiatan tersebut berlangsung lancar membahas hasil-hasil penelitian, yaitu penelitian oleh Balitbangda Provinsi Kalimantan Selatan dengan judul Kajian Pengaruh Perkembangan Pasar Modern Terhadap Keberadaan Pasar Tradisional Di Kalimantan Selatan dan penelitian oleh Bappeda Kota Banjarbaru dengan Judul Kajian Keberadaan Pasar Lokal Di Tengah Pertumbuhan Pusat Perbelanjaan Dan Toko Modern Di Kota Banjarbaru. Kegiatan tersebut penting untuk dilaksanakan agar para pihak terkait yang mengelola pasar tradisional dan dan pasar modern khususnya di Kota Banjarbaru dapat menetapkan dan melaksanakan sistem pengelolaan keberadaan pasar tradisional dan pasar modern yang tidak saling merugikan satu sama lain.


Dari kegiatan diseminasi tersebut ada tiga catatan yang perlu diperhatikan, yaitu:

  1. Pertama, di satu sisi pasar modern berdampak negatif bagi pasar tradisional namun disatu sisi juga memberi keuntungan bagi konsumen dari segi kemudahan akses, pembayaran, dan jenis brg yg di jual.
  2. Kedua, agar pasar tradisional tidak tergerus oleh pasar modern maka pasar tradisonal hrs berbenah dan berinovasi agar menjadi pasar yang bersih dan nyaman, serta memudakhan akses bagi pelanggannya.
  3. Ketiga, ada baiknya perlu kolaborasi antara pasar moder dengan UMKM daerah dalam pemasaran produk-produk UMKM.

Leave a Reply

Top