You are here
Home > BERITA UTAMA > Peninjauan Sekretariat Forkohat dan Konsolidasi Tim Pembina Kota Sehat

Peninjauan Sekretariat Forkohat dan Konsolidasi Tim Pembina Kota Sehat

Banjarbaru, Jum’at 8 Januari 2021

Langkah awal yang baik tahun 2021 yang merupakan upaya konsolidasi dan koordinasi yang dilakukan Bappeda Kota Banjarbaru dengan Badan Keuangan dan Aset Daerah, untuk penyediaan sarana dan prasarana Sekretariat Forkohat yang beranggotakan 8 orang hasil seleksi terbuka yang mungkin satu satunya di Indonesia dengan mekanisme “Fit and Profer Test” oleh Tim Seleksi berdasarkan SK Walikota Banjarbaru tahun 2019 tentang Pembentukan Tim Seleksi Fotkohat 2020-2022.

Semangat dari semua elemen untuk kerja “Out The Box,Kerja Cepat Kerja Tuntas” mensukseskan Kota Sehat di setiap item kehidupan masyarakat Kota Banjarbaru dan menyongsong penilaian Kota Sehat di tahun 2021 oleh Tim Kota Sehat Pusat untuk mempertahankan penghargaan swasti saba Wewerda yang diraih Banjarbaru beberapa tahun berturut turut. Untuk mempertahankan penghargaan itu salah satu syarat mutlak bagi Banjarbaru yang harus dipenuhi yaitu ODF (Open Defecation Free) 100%. Untuk mewujudkan itu Bappeda Kota Banjarbaru sudah melakukan konsolidasi dengan Stake Holder terkait untuk mendeklarasikan itu Insya Allah di bulan Februari bersama sama stake holder terkait.

Saat ini genap 1 tahun 1 bulan Tim Forkohat terbentuk dan bekerja untuk Banjarbaru. Kemandirian dan swadaya yang kuat tergambar dari kerja yang dilakukan di Banjarbaru. Hari ini juga sebagai momen konsolidasi antara Bappeda, Badan Keuangan dan Aset Daerah,Dinas Kesehatan,dan Forkohat untuk memuluskan perpindahan kewenangan kegiatan kota sehat dari Bappeda Kota Banjarbaru ke Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru dimulai tahun 2021 sebagai tindak lanjut Permendagri 90 tahun 2020.

Rasa terimakasih dan harapan kami sampaikan juga kepada stake holder terkait dalam upaya mensukseskan Kota Sehat di berbagai item kehidupan dan juga mohon kesediaannya untuk membantu Tim Forkohat dan Sekretariat Forkohat dalam melengkapi “Dokumen Kota Sehat” terdiri dari 10 tatanan dengan melengkapi Form-Form yang akan di serahkan untuk diisi menurut tatanan terkait di setiap SKPD yang harus tersusun dan serahkan ke Tim KKS Provinsi untuk diteruskan ke Tim KKS Pusat dalam waktu dekat ini.

Leave a Reply

Top