You are here
Home > INFORMASI > BERITA > Forum Konsultasi Publik RKPD Tahun 2020

Forum Konsultasi Publik RKPD Tahun 2020

Sekretaris Kota Banjarbaru Drs. H. Said Abdullah, M.Si  membuka secara langsung Forum Konsultasi Publik Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Banjarbaru   Tahun 2020, Senin 18 Maret 2019 di Aula Bersama Gedung Bappeda Kota Banjarbaru. Kegiatan ini merupakan rangkaian tahapan yang dilaksanakan dalam  penyusunan perencanaan pembangunan sebelum perumusan rancangan akhir RKPD.

Yang menjadi narasumber dari Pemko Banjarbaru dari Bappeda dan Dinas Kominfo. Dari Bappeda dihadiri langsung oleh Kepala Bappeda Kota Banjarbaru,  Kanafi, S.IP, MM yang didampingi Sekretaris Bappeda Kota Banjarbaru, Tri Wijayanti, S.Hut.,MT, sedangkan dari Dinas Kominfo juga dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Kominfo Kota Banjarbaru  Johan Arifin, AP.,MM. Sedangkan narasumber dari Provinsi berasal dari Dinas PU dan PR yang diwakili oleh Kasubbag Perencanaan dan Pelaporan Alain Filmore Harris, SE,MM.

Pemaparan dari Kepala Bappeda Kota Banjarbaru, berisi tentang  evaluasi pelaksanaan RKPD 2018 Kota Banjarbaru berupa indikator makro yang meliputi perkembangan ekonomi, indeks pembangunan manusia, pendidikan kesehatan, tingkat pengangguran dan inflasi, serta masalah kemiskinan. Kepala Bappeda juga menyampaikan permasalahan dan isu strategis yang dihadapi Pemerintah Kota Banjarbaru.

Berdasarkan permasalahan dan isu strategis itulah maka Tema Pembangunan Pemerintah Kota Banjarbaru untuk 2020 adalah “ Pemantapan Infrastruktur Dan Sumber Daya Manusia Menuju Banjarbaru Sebagai Smart City  “ .

Pemaparan dari Kepala Dinas Kominfo Kota Banjarbaru diawali dengan definisi dari Smart City serta keterkaitannya dengan visi misi Walikota Banjarbaru. Beliau menjelaskan Pemko Banjarbaru sendiri termasuk dari daerah yang terpilih mengikuti Program 100 Smart City di Indonesia. Beliau juga menjelaskan aspek-aspek yang diperlukan Pemko Banjarbaru sehingga siap mejadi Smart City. Aspek-aspek tersebut berupa Kesiapan Infrastruktur fisik, TIK, dan sosial; Kesiapan Masyarakat; Kesiapan SDM, Kemampuan birokrasi, Kemampuan  Anggaran; Kesiapan Kebijakan (PeraturanDaerah), Kelembagaan dan Pelaksanaan.

Sedangkan dari Dinas PU dan PR Provinsi Kalsel, yang di wakili oleh Kasubbag Perencanaan dan Pelaporan menjelaskan Proyek Strategis yang dilaksanakan Pemerintah  Provinsi di Kota Banjarbaru yang nantinya mendukung pembangunan Kota Banjabaru menjadi lebih baik lagi, salah satu contohnya adalah pembangunan jalan akses lingkar selatan yang terhubung ke Bandara Udara Syamsudinoor Banjarbaru.

Leave a Reply

Top