You are here
Home > INFORMASI > BERITA > Rapat Koordinasi Awal Pokja PKP Kota Banjarbaru Tahun 2020

Rapat Koordinasi Awal Pokja PKP Kota Banjarbaru Tahun 2020

     Bappeda Kota Banjarbaru pada hari Selasa tanggal 14 Januari 2020 bertempat di ruang Aula Lantai III Bappeda mengadakan Rapat Koordinasi Awal (Rakorwal) Kelompok Kerja Perumahan dan Kawasan Permukiman (Pokja PKP). Rakorwal dibuka oleh Wakil Walikota Banjarbaru dan diikuti oleh anggota Pokja PKP/SKPD Teknis, Camat, Lurah, perwakilan PDAM Intan Banjar, Urban Planner Program KOTAKU OSP 6 Provinsi Kalimantan Selatan, Ketua Pusat Studi Pembangunan Permukiman Perkotaan LPPM-Unlam, LKM dan Tim KOTAKU Kota Banjarbaru.

     Rakorwal Pokja PKP ini memiliki agenda, salah satunya laporan Kepala Bappeda selaku Ketua Pokja PKP terkait luas permukiman kawasan permukiman kumuh serta beberapa strategi penanganannya. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman, permukiman kumuh adalah permukiman yang tidak layak huni karena ketidakteraturan bangunan, tingkat kepadatan bangunan yang tinggi, dan kualitas bangunan serta sarana dan prasarana yang tidak memenuhi syarat. Sedangkan perumahan kumuh adalah perumahan yang mengalami penurunan kualitas fungsi sebagai tempat hunian.

     Pada rakorwal ini juga dilakukan kegiatan Serah Terima Kegiatan Bantuan Pemerintah untuk Masyarakat (BPM) Program KOTAKU / NUSP tahun anggaran 2019 oleh Wakil Walikota Banjarbaru kepada 7 (tujuh) LKM dan Lurah. Kegiatan BPM Program KOTAKU/NUSP ini merupakan kegiatan penanganan permukiman kumuh berupa perbaikan infrastruktur yang pelaksanaannya oleh LKM dan KSM didampingi oleh Pokja PKP dan Tim KOTAKU.

      Selain serah terima kegiatan BPM Program KOTAKU/NUSP tahun 2019 juga dilakukan penyerahan piagam penghargaan bagi Kelurahan yang telah memenuhi target pencapaian kawasan bebas kumuh sebanyak 6 (enam) kelurahan yaitu Kelurahan Landasan Ulin Timur, Kelurahan Landasan Ulin Selatan, Kelurahan Landasan Ulin Barat, Kelurahan Loktabat Selatan, Kelurahan Syamsuddin Noor, dan Kelurahan Sungai Besar.

Leave a Reply

Top