You are here
Home > BERITA UTAMA > Ekspos Akhir Penyusunan Updating Database Pemanfaatan dan Penggunaan Lahan Kecamatan Banjarbaru Utara (Kelurahan Komet)

Ekspos Akhir Penyusunan Updating Database Pemanfaatan dan Penggunaan Lahan Kecamatan Banjarbaru Utara (Kelurahan Komet)

Pemerintah Kota Banjarbaru melalui Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BAPPEDA) Kota Banjarbaru pada hari Rabu tanggal 18 September 2019 bertempat di Kantor Kelurahan Komet , menyelenggarakan kegiatan Ekspos Akhir Penyusunan Updating Database Pemanfaatan dan Penggunaan Lahan Kecamatan Banjarbaru Utara Kelurahan Komet.

Narasumber yang hadir meyampaikan paparan tersebut adalah Bapak Maulana, SE.,MM selaku Kepala Bidang Fisik Prasarana dari Bappeda Kota Banjarbaru .

Diadakannya kegiatan Penyusunan Database Pemanfaatan dan Penggunaan Lahan Kelurahan Komet ini sendiri adalah untuk inventarisasi, identifikasi, survei dan pemetaan lokasi-lokasi sarana dan prasarana di berbagai bidang seperti sosial, budaya, ekonomi, infrastruktur, investasi, lingkungan dan lainnnya sehingga diperoleh data dan informasi yang akurat.

Berdasarkan paparan yang disampaikan pada acara tersebut,  tujuan kegiatan Penyusunan Database tersebut antara lain yaitu :

  1. Tersedianya sistem database sebagai wadah informasi dan data dasar yang terintegrasi dengan sistem database yang berbasis SIG, fleksibel, efisien dan sistematis dan selalu mengikuti perkembangan terkini, serta dapat di akses dengan mudah oleh para penggunanya
  2. Acuan untuk menyusun rencana pembangunan daerah Kota Banjarbaru, baik rencana pemerintah daerah maupun pihak lain yang berkepentingan dalam rangka memajukan pembangunan Kota Banjarbaru.
  3. Informasi bagi pihak swasta, BUMN dan investor untuk kepentingan berusaha dan penanaman modal di Kota banjarbaru.
  4. Data pendukung untuk kajian ilmiah dan kegiatan penelitian.

Pada Paparan di acara tersebut juga disampaikan manfaat yang dirasakan dari kegiatan tersebut yaitu  :

  1. Pemerintah Kota Banjarbaru, sebagai masukkan untuk pengambilan keputusan dan arahan kebijakan mengenai pembangunan Kota Banjarbaru
  2. Masyarakat dan pihak swasta yang memerlukan informasi peta wilayah Kelurahan Komet yang berkepentingan untuk ikut serta dalam membangun Kota Banjarbaru.
  1.  

Pada akhir paparan, narasumber juga menyampaikan kesimpulan berdasarkan Updating Database Pemanfaatan dan Penggunaan Lahan Kecamatan Banjarbaru Utara Kelurahan Komet  yaitu :

  1. Teridentifikasi dan terpetakan di wilayah Kelurahan Komet pada tahun 2019 sejumlah 1.092 persil lahan dengan total luas lahan 898 meter persegi (jalan tidak dihitung) yang berbeda pada data survei 2016 yang berjumlah 1.103 persil lahan dengan total luas 1.009.862 meter persegi.
  2. Dari updating ini total lahan yang tidak diketahui kepemilikannya berkurang dari 280 persil menjadi 260 persil. Selain itu dari updating ini ditemukan pemilik baru pada persil-persil yang telah disurvei baik dari waris maupun beli
  3. Pemanfaatan lahan masih didominasi dengan fungsi tempat tinggal seluas 353.131 meter persegi, komersil/jasa seluas 164.245 dan perkantoran seluas 145.262
  4. Kepemilikan persil lahan terbesar, baik dari segi jumlah maupun luas, adalah lahan milik pribadi. Dimana tidak semuanya digunakan untuk kepentingan perumahan, sebagian ada yang digunakan untuk Ruko, Perusahaan, Layanan Jasa, dan sebagainya.
  5. Beberapa permasalahan persil lahan di Kelurahan Komet yang teridentifikasi adalah adanya lahan yang memiliki lebih dari satu sertifikat, adanya lahan yang sudah disita dan dilelang oleh pihak bank, beberapa lahan belum balik nama padahal sudah diwariskan atau dijual, adanya lahan yang beralih fungsi namun tidak lapor kepada pejabat yang berwenang, dan sebagainya.
  6. Pada updating ini permasalahan utamanya adalah perbedaan survei 2016 dengan kondisi yang empiris yang ditunjukkan pada hasil survei ketua RT.

Leave a Reply

Top