You are here
Home > INFORMASI > BERITA > Ekspose Laporan Pendahuluan penyusunan Dokumen Master Plan Penerangan Jalan Umum (PJU) Kota Banjarbaru

Ekspose Laporan Pendahuluan penyusunan Dokumen Master Plan Penerangan Jalan Umum (PJU) Kota Banjarbaru

 

Penerangan jalan umum merupakan perlengkapan jalan yang berguna untuk menunjang keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalulintas serta untuk memberikan kemudahan bagi pengguna jalan. Perencanaan untuk penyediaan Penerangan Jalan Umum (PJU) diantaranya berfungsi sebagai :
1. Untuk Keamanan
Berfungsi untuk kelancaran trnsportasi jalan umum terutama pada waktu malam hari, dimana pada waktu malam hari diperlukan penerangan untuk menghindari terjadinya kecelakaan di jalan.
2. Ekonomi
Fungsi ekonomi jalan berhubungan dengan penerangan listrik di jalan umum untuk membantu kelancaran distribusi barang di malam hari, misalnya bagi para pedagang yang tetap berjualan pada malam hari.
3. Untuk Keindahan
Dipengaruhi oleh desain alat dan letak dari penerangan tersebut, namun efisiensi dari tenaga listrik yang digunakan juga harus dipertimbangkan.

Berdasarkan ketiga fungsi di atas untuk pengembangan penerangan jaringan PJU perlu dilakukan perhitungan-perhitungan yang matang terkait dengan penentuan lokasi, jenis dan kapasitas penerangan dan desain alat penerangan. Sebagai langkah awal pengembangan dapat difokuskan pada daerah perkotaan kemudian pada tahap berikutnya adalah untuk masing-masing ibukota kecamatan.  Untuk itulah penyusunan Masterplan Penerangan Jalan Umum di Kota Banjararu perlu dilakukan dalam rangka untuk menyiapkan gran desain dari penyediaan penerangan jalan umum yang didukung dengan pentahapan pembangunannya. Namun demikian dalam penyusunan masterplan penerangan jalan umum ini tetap harus mengacu pada rencana umum tata ruang wilayah Kota Banjarbaru yang telah disusun sebelumnya, dimana didalamnya telah termuat rencana pengembangan infrastruktur wilayah khususnya terkait dengan listrik (penerangan) beserta dengan informasi terkait dengan rencana pengembangan jaringan jalan dan rencana alokasi pemanfaatan ruang.

Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Kota Banjarbaru pada hari Rabu tanggal 19 Juni 2019 telah melakukan Ekpose Laporan Pendahuluan Penyusunan Dokumen Master Plan Penerangan Jalan Umum (PJU) Kota Banjarbaru yang bertempat di Ruang Rapat lantai III Bappeda.  Acara tersebut dihadiri oleh SKPD terkait, antara lain Dinas Perumahan dan Permukiman, Dinas Perhubungan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Dinas Lingkungan Hidup, Bagian Ekonomi Pembangunan Setdako, Bagian Hukum Setdako, Kecamatan se-Kota Banjarbaru, dan Kelurahan se-Kota Banjarbaru.

Beberapa hal yang menjadi masukan untuk penyusunan Master Plan PJU bagi Konsultan Penyusun antara lain :

  1. Isu Strategis PJU di Kota Banjarbaru.
  2. Pengumpulan Data-Data Eksisting, Kebijakan Daerah dan Pusat, serta Perencanaan yang telah disusun oleh SKPD dilingkup Kota Banjarbaru.
  3. Rencana Pelaksanaan Kegiatan.
  4. Pemantapan metodologi.
  5. Desain Survey Kegiatan.
  6. Desain PJU yang akan direncanakan.
  7. Matrik Program dan Kegiatan selama jangka waktu perencanaan.
  8. Kewenangan Pengelolaan PJU mulai dari Tingkat Kelurahan sampai Tingkat Kota.

 

 

Credit by: Bidang Fisik Prasaraana Bappeda

 

 

 

Leave a Reply

Top