You are here
Home > INFORMASI > BERITA > Pengembangan Kota Baru di Banjarbaru dengan Tema Aero City

Pengembangan Kota Baru di Banjarbaru dengan Tema Aero City

PROFIL UMUM PERENCANAAN KOTA BARU BANJARBARU

Pengembangan kota baru di Kota Banjarbaru merupakan bagian dari pengembangan 10 kawasan perkotaan baru di Indonesia yang tercantum dalam RJMN 2014 – 2019.  Dalam kegiatan pengembangan kota baru di Kota Banjarbaru, kita Bersama-sama telah menetapkan bahwa kawasan ini akan mengiring tema “Aero City”, sebuah Kawasan yang akan terintegrasi dan memanfaatkan keberadaan bandara sebagai daya ungkit pertumbuhan wilayah.

Luas kawasan yang akan direncanakan adalah ± 5.620,08 (lima ribu enam ratus dua puluh koma nol delapan) hektar, dengan fokus pengembangan sebagai pusat permukiman baru yang layak huni dan didukung oleh fasilitas ekonomi dan sosial budaya yang lengkap guna mencegah terjadinya permukiman tidak terkendali (urban sprawl) akibat urbanisasi di kota otonom terdekatnya.

Adapun beberapa Isu Strategis pengembangan wilayah yang menjadi fokus dalam kegiatan pengembangan kota baru tersebut antara lain :

  1. pengembangan lingkungan permukiman dan perumahan;
  2. pengembangan infrastruktur ekonomi dan sosial budaya yang diharapkan dapat menjadi penggerak aktifitas masyarakat di wilayah tersebut. Keberadaan Bandara Syamsudin Noor harus menjadi center point dalam merencanakan berbagai kebutuhan infrastruktur ekonomi di wilayah tersebut.
  3. Pengembangan ruang publik dan Kawasan wisata seperti MICE, sport center, Ruang Terbuka Hijau dan lain-lain

Elemen yang terlibat dalam pengembangan kota baru di Kota Banjarbaru antara lain adalah Pemerintah Pusat melalui Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Perhubungan dan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia serta Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan.

Dalam rangka pengembangan kawasan Kota Baru di Kota Banjarbaru tersebut, telah dilaksanakan beberapa kegiatan yang meliputi pelaksanaan perencanaan, dimana dari tahun 2015 sampai dengan tahun 2018 ini Pemerintah Kota Banjarbaru bersama dengan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Kalimantan selatan telah melakukan beberapa kegiatan antara lain :

  1. Penyusunan Materi Teknis Pedoman Perkotaan Baru oleh Kementerian ATR/ BPN;
  2. Penetapan SK Walikota Banjarbaru Nomor: 188.45/248/KUM/2018 tentang Penetapan Deliniasi Kawasa Kota Baru di Banjarbaru tanggal 16 Mei 2018.
  3. Penyusunan Master Plan dan Rencana Detail Tata Ruang Kota Baru Banjarbaru oleh Kementerian ATR/BPN.
  4. Penyusunan Master Plan Development Plan Kawasan, Pra Studi Kelayakan Sistem Jaringan Infrastruktur dan Perumahan Permukiman Kota Banjarbaru oleh Pusat Pengembangan Kawasan Perkotaan, Badan Pengeambangan Infrasruktur Wilayah, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
  5. Perencanaan Pembangunan Infrastruktur Permukiman Kota Baru Banjarbaru oleh Direktorat Pengembangan Kawasan Permukiman, Direktorat Jenderal Cipta Karya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.
  6. Perencanaan tentang Ketersediaan Lahan untuk Pembangunan Perumahan di  Lokasi Pengembangan Kota Baru Banjarbaru Oleh Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan,  Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

 

Leave a Reply

Top