You are here
Home > INFORMASI > BERITA > KEGIATAN PLPBK DANA BDI TAHUN 2017 KELURAHAN GUNTUNG PAIKAT

KEGIATAN PLPBK DANA BDI TAHUN 2017 KELURAHAN GUNTUNG PAIKAT

Program KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh) merupakan program Nasional yang mengintegrasikan berbagai sumber daya dan sumber pendanaan untuk membangun sistem terpadu dimana pemerintah daerah memimpin dan berkolaborasi dengan pemangku kepentingan lainnya dalam perencanaan dan implementasi upaya penanganan kumuh.

Pada Tahun 2017 pelaksanaan program KOTAKU berupa kegiatan Bantuan Dana Investasi Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas (BDI PLPBK). PLPBK pada dasarnya adalah peningkatanĀ (intervensi lanjut) dari P2KP sehingga beberapa prinsip dasar yang digunakan di P2KP seperti demokrasi, partisipasi, transparansi, akuntabel dan desentralisasi, dsb juga menjadi prinsip dasar PLPBK.

Meskipun pembangunan manusia melalui pembangunan bidang sosial, ekonomi dan lingkungan masih tetap menjadi andalan utama dalam penanggulangan kemiskinan, secara khusus dalam PLPBK pembangunan lingkungan diberikan penekanan khusus untuk menciptakan lingkungan hunian yang kondusif terhadap berbagai aspek pembangunan manusia sehingga penanggulangan kemiskinan melalui pembangunan manusia seutuhnya (spiritual dan material) dengan segera terwujud.

Dalam PLPBK pembangunan fisik lingkungan menjadi media belajar untuk membangun tata kerja bermasyarakat untuk menyepakati peraturan-peraturan yang dibutuhkan dalam berbagi ruang hidup sehingga mampu menjadi perekat dalam tata hidup masyarakat madani yang saling menghargai dan produktif yang pada gilirannya akan terwujud kualitas lingkungan permukiman yang sehat, tertib, selaras, berjatidiri dan lestari.

Pada Tahun 2017 pelaksanaan program KOTAKU berupa kegiatan BDI PLPBK ini dilaksanakan di Kelurahan Guntung Paikat oleh KSM Paikat Asri, KSM Pelangi dan KSM Jaya Putra. Untuk KSM Paikat Asri melaksanakan kegiatan BDI PLPBK di RT.002 RW.003 Kelurahan Guntung Paikat. Dan KSM Pelangi melaksanakan Kegiatan BDI PLPBK di RT.001 RW.003, RT.002 RW.003 dan RT.004 RW.001. Sedangkan KSM Jaya Putra melaksanakan Kegiatan BDI PLPBK di RT.004 RW.001, RT.001 RW.003 dan RT.002 RW.003

Pelaksanaan Kegiatan BDI PLPBK di masing-masing lokasi dapat dilihat pada tabel berikut:

Gambar 1. Tabel Kegiatan PLPBK KSM Paikat Asri

 

Gambar 2. Pelaksanaan Kegiatan BDI PLPBK KSM Paikat Asri

 

Gambar 3. Tabel Kegiatan PLPBK KSM Pelangi

 

Gambar 4. Pelaksanaan Kegiatan BDI PLPBK KSM Pelangi

 

Gambar 5. Tabel Kegiatan PLPBK KSM Jaya Putra

 

Gambar 6. Pelaksanaan Kegiatan BDI PLPBK KSM Jaya Putra

Leave a Reply

Top