You are here
Home > INFORMASI > BERITA > Percepatan Layanan Informasi Pemanfaatan dan Penggunaan Lahan Melalui Aplikasi Sistem Informasi Geografis (Si G-SPA) pada Sub Bidang Sarana Prasarana Wilayah dan Sumber Daya Air Bappeda Kota Banjarbaru

Percepatan Layanan Informasi Pemanfaatan dan Penggunaan Lahan Melalui Aplikasi Sistem Informasi Geografis (Si G-SPA) pada Sub Bidang Sarana Prasarana Wilayah dan Sumber Daya Air Bappeda Kota Banjarbaru

Percepatan Layanan Informasi Pemanfaatan dan Penggunaan Lahan Melalui Aplikasi Sistem Informasi Geospasial (Si G-SPA) merupakan salah satu pelayanan informasi spasial dengan memanfaatkan aplikasi peta offline (tanpa jaringan internet) untuk mengetahui informasi spasial pemanfaatan dan penggunaan lahan di wilayah Kota Banjarbaru.  Aplikasi ini dapat digunakan dengan mudah oleh pihak yang berkepentingan melalui perangkat Personal Computer dan Smatphone.

Tujuan Percepatan layanan informasi pemanfaatan dan penggunaan lahan melalui aplikasi sistem informasi geospasial (Si G-SPA) Kota Banjarbaru adalah sebagai berikut:

A. Tujuan jangka pendek:

  1. Menyiapkan Sistem Informasi Geospasial (Si G-SPA).
  2. Menginventarisasi dan mengumpulkan data geospasial di Kelurahan Guntung Paikat Kecamatan Banjarbaru Selatan sebagai pilot project proyek perubahan.
  3. Mengintegrasikan data geospasial ke dalam aplikasi Si G-SPA.
  4. Melaksanakan publikasi dan mensosialisasikan Aplikasi Si G-SPA.

B. Tujuan jangka menengah:

  1. Menyediakan data pemanfaatan dan penggunaan lahan pada Kelurahan Guntung Paikat Kecamatan Banjarbaru Selatan sebagai data dasar pengembangan aplikasi sistem informasi geospasial;
  2. Menyediakan database geospasial Kota Banjarbaru berbasis SIG sebagai acuan dalam penyusunan rencana pembangunan.
  3. Melaksanakan publikasi Aplikasi Si G-SPA

C. Tujuan jangka panjang:

Tujuan jangka panjang dari pembuatan Aplikasi ini adalah terbentuknya suatu sistem informasi geospasial yang memuat database pemanfaatan dan penggunaan lahan  yang akurat,  up to date dan dapat diakses secara offline dengan mudah oleh publik

Sedangkan manfaat dari Percepatan layanan informasi pemanfaatan dan penggunaan lahan melalui aplikasi sistem informasi geospasial (Si G-SPA) Kota Banjarbaru adalah:

A.  Manfaat bagi organisasi:

  1. Tersedianya data dan informasi yang mudah dipahami sebagai bahan masukan untuk pengambilan keputusan dan penentuan arah kebijakan pembangunan daerah.
  2. Mendukung kinerja Bappeda dalam meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan daerah.

B.  Manfaat bagi Pemerintah Kota:

  1. Mendukung terwujudnya Visi dan Misi Pemerintah Kota Banjarbaru yaitu Terwujudnya Banjarbaru sebagai Kota Pelayanan yang Berkarakter melalui penyediaan sistem informasi geospasial yang mudah diakses oleh publik.
  2. Mendukung percepatan penyelesaian masalah pencatatan aset milik pemerintah daerah, terutama yang berkaitan dengan pemanfaatan dan penggunaan lahan.
  3. Menjadi alat deteksi dini terhadap berbagai masalah penguasaan tanah.

C.  Manfaat bagi masyarakat:

Tersedianya data dan informasi  yang valid  dan dapat dijadikan acuan untuk berbagai kepentingan seperti rencana pengembangan usaha/investasi.

Aplikasi Si G-SPA  Ini berbasis aplikasi Carry Map yang  terdiri dari 2 versi yaitu versi dekstop dan versi mobile (android, ios dan windows mobile).  Penggunaan Aplikasi Si G-SPA versi dekstop bisa langsung di instal di komputer pribadi atau notebook yang berbasis windows.

Aplikasi Si G-SPA pada Perangkat komputer (PC/Laptop)

Untuk menjalankan aplikasi Si G-SPA di perangkat komputer (PC dan Laptop) dengan cara klik pada file eksekusi yang dihasilkan (Si G-SPA.exe) . Berikut tampilan aplikasinya:

Berikut adalah fungsi-fungsi yang ada pada aplikasi peta yang dihasilkan :
• User friendly and seamless interface
• Add/Import/Export pushpins
• Map rotation
• GPS support
• Hyperlinks support in the identify dialog
• Advanced search capabilities
• Go to XY coordinates
• Smart scaling
• Distance measurement

Aplikasi CarryMap pada perangkat mobile

Aplikasi Si G-SPA juga ditampilkan melalui Windows mobile, Apple iOS dan juga Android devices. Caranya yaitu dengan menginstall aplikasi CarryMap Observer terlebih dahulu. Default ketika kita pertama kali masuk ke aplikasi tersebut adalah akan tampil peta US (United States). Peta tersebut berformat “.cmf”, sehingga untuk menggantinya dengan peta kita maka tinggal memanggil file berekstensi “.cmf” yang telah kita hasilkan.

Berikut contoh tampilan pada perangkat mobile yang diambil dari “CarryMap Help”

Peta yang ada pada Aplikasi Si G-SPA  ini sudah ber-georeference, dan dapat dijadikan “base map” pada perangkat mobile.  Jika perangkat mobile mempunyai fasilitas GPS (Global Positioning System) sehingga kita dapat mengetahui posisi kita pada peta tersebut. Ini artinya jika kita ke lapangan dan membawa perangkat mobile yang telah kita install aplikasi kita, maka kita dapat mengecek kebenarannya dilapangan serta dapat menambahkan “waypoint” baru, tentunya tingkat ketelitiannya tergantung pada GPS yang digunakan pada perangkat kita. “Waypoint” ini dapat kita import kembali ke ArcMap.

  1. Aplikasi CarryMap Si G-SPA untuk Dekstop langsung digunakan pada laptop/komputer.  dengan mengunduh di link berikut ini : https://drive.google.com/file/d/1Ech9F7lgAE8ymB2XrwLoLsWqAe51eus-/view?usp=sharing
  2. Aplikasi CarryMap untuk perangkat mobile/smarthphone terlebih dahulu harus mnginstal aplikasi CarryMap Observer di App Store untuk perangkat iOS dan di Google Play Store untuk perangkat Android (https://play.google.com/store/apps/details?id=com.dataeast.carrymap.observer&hl=in).  Selanjutnya ekstensi (.cmf) untuk Peta Guntung Paikat dapat di unduh pada link berikut ini: https://drive.google.com/file/d/17fsDudQHyy6p6dmlw9NZtCdm6Q0U4jFN/view?usp=sharing
  3. Untuk Windows Phone Aplikasi Si G-SPA dapat diunduh pada link berikut ini: https://drive.google.com/file/d/1uHA7EkBaJBVXsHzCAnBN76as9oiq2Nvx/view?usp=sharing

 

 

 

Leave a Reply

Top